Rabu, 27 Oktober 2010

memberantas kecoa


Memberantas Kecoa


Kecoa seringkali dijumpai di sudut sudut perumahan tidak peduli perumahan kelas bawah maupun perumahan mewah sekalipun.
Bila kita amati, biasanya sudut sudut rumah maupun komplek perumahan merupakan bagian yang disenangi oleh binatang ini karena banyak terdapat makanan yang bisa dinikmati sekaligus bisa dijadikan tempatnya bersarang. Untuk memberantas kecoa, ikuti artikel ini selengkapnya:

Beda jenis Kecoa beda habitat

Jenis kecoa dibedakan jenisnya berdasarkan bagian tubuh kecoa. Di wilayah Indonesia terdapat beberapa jenis kecoa, namun jenis yang umumnya dijumpai di perumahan hanya ada 2 yakni kecoa amerika/American cockroach (periplaneta Americana) dan kecoa Jerman/German cockroach (Blattela Germanica).
Hhabitat kedua jenis kecoa ini berbeda, yakni Kecoa Amerika sering berada di dalam tempat yang lembab dan hangat seperti septictak atau saluran sanitari dan secara umum jenis kecoa ini senang berada di luar rumah.
Sedangkan kecoa Jerman senang berada di dalam rumah terutama pada tempat yang lembab, gelap dan banyak makanan seperti dapur, lemari makan, atau di atas plafon rumah. Secara morfologi, perbedaan mencolok antar kedua jenis kecoa ini ada pada garis di pronothumnya dimana kecoa Jerman tidak mempunyai garis coklat.

Penyebab kecoa masuk ke dalam rumah.

Bilamana sanitasi rumah kita tidak baik maka kecoa akan senang masuk, apalagi bila terdapat jalan bagi kecoa untuk masuk ke dalam rumah, dan populasi kecoa di dalam habitatnya berlebiha. Bilamana populasi dalam habitat asalnya berlebihan, maka kecoa akan keluar dari sarangnya untuk mencari sumber makanan dan sarang yang baru.
Sebagai contohnya Kecoa Amerika, bilamana populasinya didalam septic tank bertambah banyak dan makanan yang tersedia berkurang, maka mereka akan keluar dari habitatnya untuk mencari makanan dan mencari sarang yang baru. Dia akan akan masuk ke rumah melalui saluran pembuangan yang tidak ditutup dengan baik, dan tentunya anda bisa membayangkan akibatnya bilamana binatang ini menghinggapi makanan anda.
Kenali Tempat Yang disenangi kecoa .
Secara umum, terdapat 3 sumber utama yang disenangi oleh kecoa yaitu makanan, ceceran sisa makanan dan tempat lembab.
Anda bisa mudah mengenali apakah suatu rumah telah dimasuki kecoa ada tidak, yakni dengan melihat tanda tanda seperti adanya kotoran kecoa, bau, ataupun telurnya. Biasanya kotoran kotoran ini tertinggal pada tempat tempat yang tersembunyi seperti di antara buku2 yang disimpan di rak, celah antara lemari dengan tempat tidur atau dinding, ataupun juga di toilet.
Bilamana ditemukan tanda adanya kecoa, maka segera lakukan penanganan. Yakni dengan menuju langsung ke tempat tempat yang disenangi kecoa diantaranya adalah dapur. Dapur merupakan tempat yang paling disenangi oleh binatang ini. Oleh karenanya, anda harus menyimpan makanan tersebut dengan baik seperti menyimpan makanan di rak atau wadah tertutup. Bilamana anda selesai memasak, usahakan untuk tidak meninggalkan sisa makanan di lantai dapur atau meja dapur. Segera bersihkan ceceran sisa makanan tersebut karena ceceran inilah salah satu makanan bagi kecoa.
Selain ceceran makanan dilantai, sampah makanan di tempat sampah dapur juga merupakan tempat yang disenangi kecoak, usahakan untuk segera membuang sampah tersebut ke tempat sampah di luar rumah dan menutup tempat sampah.
Kendalikan Habitat Kecoa.
Bilamana kecoa sudah bersarang didalam rumah anda, maka anda perlu mencari sumber habitat nya. Habitat kecoa Amerika biasanya akan anda temukan di saluran pipa sanitasi dan septic tank.Untuk memberantasnya anda memerlukan pestisida baik cair maupun bubuk.
Anda bisa memberantas habitat kecoa dengan menyemprot lubang saluran sanitasi atau saluran pipa pembuangan. Anda juga bisa menggunakan cara pengasapan.
Namun anda perlu ingat bahwa memberantas binatang yang dikenal membawa sumber penyakit ini dilakukan dengan cara bertahap, karena pada saat penyemprotan atau pengasapan pertama binatang ini bisa menyelamatkan diri dan bisa berkembang biak.
Selamat memberantas kecoa dan semoga rumah anda terbebas dari binatang ini.

0 komentar:

Posting Komentar